Materi Pembelajaran IPA Kelas V MI/SD Topik A Cahaya dan Sifatnya

 TOPIK A CAHAYA DAN SIFATNYA


Sumber: https:www.pngdownload.id/png-e8qqob/ 


Apakah kamu tahu apa itu cahaya ?


Bacalah cerita di bawah ini!

    Suatu hari, Ali sedang bermain layangan dengan teman-temannya di lapangan. Perlahan-lahan langit semakin gelap karena pada saat itu akan terjadi gerhana matahari total sehingga cahaya dari sinar matahari semakin lama semakin redup karena tertutup oleh bulan. Daerah tempat tinggal Ali dan sekitarnya menjadi gelap seperti malam hari. Ali dan teman-temannya pun ketakutan sehingga pulang ke rumah masing-masing. sesampainya dirumah, ayah Ali sudah menyalakan lampu agar lebih terang.
Pernahkah kamu mengalami kejadian seperti yang dialami oleh Ali dan teman-temannya tersebut? pandangan menjadi gelap dan tidak dapat melihat apapun bukan? hal itu dikarenakan tidak adanya cahaya dari sinar matahari yang terpancar ke bumi.

Mari kita sama-sama belajar mengenal apa itu cahaya

Pengertian Cahaya

    Mengapa mata kita dapat melihat benda-benda? Jawabannya adalah karena ada cahaya dari benda yang mengenai mata kita. Entah itu cahaya yang berasal dari benda tersebut atau karena benda itu memantulkan cahaya yang datang ke benda tersebut lalu mengenai mata kita. Jadi gejala melihat berkaitan dengan keberadaan cahaya atau sinar. berikut penjelasan mengenai cahaya.

    Cahaya merupakan salah satu contoh gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang tidak memerlukan media sebagai perantara atau perambatannya. Misalnya, pada siang hari tampak terang karena sinar matahari memantulkan cahaya sehingga dapat menerangi bumi. Walaupun matahari berada berada jauh dari bumi dan dipisahkan oleh ruang hampa di ruang angkasa, namun cahaya matahari mampu sampai ke bumi. Disekitar kita, banyak sekali benda yang dapat memancarkan cahaya. benda yang dapat memancarkan cahaya dinamakan sumber cahaya. 

Ada dua macam sumber cahaya, yaitu:

1. Sumber cahaya alami, ialah sumber cahaya yang menghasilkan cahaya secara alami dan setiap saat. contohnya bulan dan juga bintang.

2. Sumber cahaya buatan, ialah sumber cahaya yang dapat memancarkan cahaya karena dibuat oleh manusia, dan tidah tersedia setiap saat. contohnya: lampu dan juga lilin.

Pengertian Sinar

    Apakah kalian mengetahui apa perbedaan antara sinar dengan cahaya ? setelah kalian mengetahui tentang cahaya, maka selanjutnya pelajari terlebih dahulu tentang sinar agar kalian lebih mudah membedakan keduanya. 

Sinar adalah istilah untuk sesuatu yang membuat terang secara langsung. sinar tidak bisa dilihat dengan kasat mata karena mata kita tidak mampu menangkap gelombang sinar. sinar bisa dilihat dengan media seperti kamera atau media lainnya. sinar bersifat sangat kuat, karena berasal dari panas dan keluar dari panas. energi yang dihasilkan sinar adalah energi panas.

Sifat-Sifat Cahaya

    Setiap hari, aktivitas kita selalu memerlukan bantuan cahaya, hal ini dikarenakan mata kita bisa melihat dengan jelas apabila ada bantuan dari cahaya. saat siang hari, kita bisa melihat dengan bantuan cahaya matahari. sedangkan di malam hari, kita juga bisa melihat dengan bantuan cahaya dari bulan atau cahaya lampu. Tahukah kalian? cahaya itu mempunyai sifat-sifat tertentu. Berikut ini sifat-sifat cahaya yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Cahaya merambat lurus

2. Cahaya bisa dipantulkan

3. Cahaya bisa menembus benda bening

4. Cahaya bisa dibiaskan

5. Cahaya bisa diuraikan


Berikut link video mengenai materi cahaya dan sifatnya, selamat menyaksikan 😊



Berikut link soal pada materi kita hari ini

https://forms.gle/YKuh4NmA3KqjAxNF7



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama